Press Release

RISET POPULIX : PEMULIHAN EKONOMI PASCA GELOMBANG KEDUA COVID-19

http://placehold.it/900x300

By Populix

30 September 2021

Jakarta, September 2021 - Semua negara berusaha untuk bangkit dari pandemi Covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi, termasuk di Indonesia. Sejak Agustus 2021, kasus Covid-19 gelombang kedua di Indonesia mulai terkendali. Hal ini terlihat dari penurunan persentase jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang kini telah mencapai 3,05%. Nilai tersebut sudah berada jauh di bawah standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) yaitu sebesar 5%.

Menurut Timothy Astandu, Chief Executive Officer (CEO) lembaga riset berbasis android, POPULIX “Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanganan Covid-19 telah menunjukkan hasil. Kasus Covid kita sudah di posisi jauh lebih baik dibanding tiga bulan yang lalu. Digenjotnya cakupan vaksinasi dan penurunan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah memberikan angin segar bagi bangkitnya perekonomian nasional.” 

“Masyarakat pun kini tampak lebih siap untuk kembali beraktivitas seperti biasa, seperti mengunjungi sentra-sentra perekonomian seperti mall, cafe, restauran ataupun tempat tempat hiburan dan melakukan perjalanan. Penegakan aturan vaksinasi di tempat-tempat tersebut pun direspon positif oleh masyarakat dan  dinilai dapat meningkatkan kepatuhan publik terhadap program vaksinasi dan membantu masyarakat merasa lebih aman untuk melakukan aktivitas di luar rumah,” tambah Timothy lagi.    

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Populix mengenai “Economy Bounce Back After the 2nd Curve/ Kebangkitan Ekonomi Setelah Gelombang Kedua” terhadap 1.031 responden (> 50% adalah warga DKI Jakarta) menunjukkan, bahwa mayoritas responden (70%) percaya bahwa vaksinasi dapat mencegah penularan virus. Oleh karena itu, mereka pun menyetujui (30% sangat setuju dan 36% menyatakan setuju) diterapkan penegakan vaksinasi bagi pengunjung mall. 

Dari hasil survei yang diikuti oleh mayoritas kalangan pekerja (70%) dengan tingkat pendidikan Sarjana (41%) ini, memperlihatkan bahwa rata-rata responden (>50%) memiliki kepercayaan diri untuk mengunjungi mall setelah diterapkannya kebijakan PPKM.  Mereka dengan range usia 46-55 tahun adalah yang memiliki tingkat kepercayaan diri paling tinggi (64%) dengan penerapan kebijakan pemerintah tersebut.

Riset Populix yang dilakukan secara online ini juga menemukan bahwa  lebih dari 60% responden mengaku sudah berencana untuk menikmati makan di restauran bersama anggota keluarga setelah kebijakan PPKM dilepas, dengan 90% responden memilih restauran Indonesia sebagai tujuan utama. Minat besar masyarakat untuk menikmati makan di restauran juga ditunjukan dengan aggaran yang mereka siapkan. Sebesar 33% responden mengaku akan menyiapkan dana sebesar Rp250.000 hingga Rp 500.000,- untuk setiap kali makan di restaurant.

Perjalanan Wisata di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang mengalami kejenuhan,  dan mendambakan sebuah perjalanan liburan ke luar kota atau luar negeri. Untuk mencegah merebaknya kembali kasus Covid-19, pemerintah pun menerapkan berbagai kebijakan. Sama halnya dengan berkunjung ke mall atau restauran, pemerintah pun kini menerapkan kebijakan vaksinasi untuk keperluan perjalanan ke luar kota atau luar negeri. 

“Menanggapi hal ini, hasil riset Populix menemukan fakta bahwa mayoritas responden menyetujui (38% sangat setuju dan 35% setuju) diterapkannya ketentuan tersebut untuk keperluan perjalanan. 

 

adalah, memilih produk yang dapat diisi/digunakan ulang (53%); kedua, memilih produk yang dapat didaur ulang (53%); dan ketiga, memilih produk yang terbuat dari bahan-bahan alami (47%).“Kami berharap melalu survei yang kami lakukan, dapat memberikan gambaran mengenai pola dan pilihan masyarakat di masa pandemi sehingga pelaku usaha ataupun insitusi yang terkait dapat mengenal lebih baik kebutuhan masyarakat di masa pandemi. Melalui data yang tepat maka diharapkan dapat membuat keputusan yang tepat dan efektif,” ujar Timothy Astandu mengakhiri._______

 

Sdr. Maendra Edriansyah

 

Atau menghubungi: 

www.info.populix.co

 

RECENT POST
Drive with Purpose, jajal mobil baru sambil berbagi ala VW Indonesia
By Antaranews.com
20 May 2020
Dulu Utamakan Hatcback, Sekarang VW Fokus Jualan SUV di RI
By Detik.com
30 Jan 2020
Shell Indonesia Perluas Pabrik Pelumas
By Kompas.com
12 Mar 2020